Nov 3, 2008

10 TIPS PENAMPILAN MENGHADAPI INTERVIEW

Kita mungkin sering membaca iklan lowongan kerja yang salah satu syaratnya menyatakan“ Berpenampilan Menarik” atau juga “Good Looking”. Jadi kalau gitu cuma yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng aja dong yang di terima? Ya nggak gitu juga sih, maksudnya disamping mereka lulus kualifikasi kemampuan keilmuan yang sesuai dengan jabatan yang di lamar, mereka juga harus berpenampilan menarik. Biasanya qualifikasi ini hanya di peruntukkan bagi orang-orang dengan jabatan pekerjaan tertentu saja, seperti kasir supermarket, sekretaris, Teller atau karyawan Bank, sales, marketing, atau juga SPG produk-produk yang masih dalam masa promosi dimana Sales Promotion Girl lah yang menjadi andalan dan ujung tombak marketing. Bukan berarti menjual kecantikan, tapi dengan Teller atau SPG yang masih muda dan menarik akan mendatangkan rasa nyaman bagi konsumen dengan sendirinya, karena disitulah letak nilai tambahnya.

Ada beberapa hal kecil yang turut berperan besar dalam persiapan phisik menghadapi interview. Hampir semua calon karyawan tahu tentang hal ini, tapi terkadang masih selalu terabaikan. Berikut Tips kecil yang berhasil kami rangkum dari Recruitment Team ;Human Resources Department.

1. Rambut adalah mahkota.
Pangkas/cukur/rapikan rambut menjelang hari interview. Bukan harus ke Salon. Tapi buat sedikit perbedaan agar lebih rapi. Ketika hari interview, mandi pakai Shampoo (terutama bagi wanita berambut panjang). Bagi yang pria, sedikit minyak rambut dan sisiran rapi (bukan gaya “rambut durian” anak band atau artis sinetron) akan membuat anda tampil beda.

2. Mata adalah jendela jiwa.
Dengan menatap mata seseorang kita bisa tau orang itu Jujur, bohong, suka, benci, cinta, rindu, berharap, memohon, kecewa, dan sebagainya. Sebelum interview, sebaiknya tidur yang cukup. Mata yang merah kurang tidur dan sembab bisa membuat kesan “tidak sehat, putus asa, kurang mandiri, dan kurang percaya diri”.

3. Hidung.
Siapkan Tisu menjelang Jam interview. Hidung yang berminyak akan mengurangi daya tarik anda. Bagi pria, jangan lupa potong bulu hidung. Bulu hidung yang panjang dan kelihatan keluar dari lubang hidung akan menimbulkan kesan” Jorok, kurang perhatian, dan kurang teliti”.

4. Kumis dan jenggot.
Bagi calon karyawan pria, (khusus bagi yang fresh graduated, belum pernah bekerja/ belum berpengalaman) jangan pernah pakai kumis dan jenggot ketika akan interview. Kumis dan jenggot akan membuat anda “kelihatan lebih tua”.

5. Mulut.
Jangan pernah makan jengkol, petai atau durian sehari menjelang interview. Sebaiknya cuci mulut yang bersih, sikat gigi, juga lidah, dan pakai obat kumur agar keliatan bersih dan segar,menjelang berangkat interview. Mendekati waktu interview sebaiknya jangan makan dulu. Minum air putih agar mulut tidak kering. Hisaplah perment segar pengharum mulut atau semprotkan mouth sprayer untuk menghilangkan bau mulut.
Bagi pria perokok, biasanya bibir kering pecah-pecah, dan gigi sering hitam akibat karat dari nikotin. Bersihkan kedokter gigi. Menjelang berangkat interview, pakai sedikit Lips gloss, akan menghilangkan efek bibir kering dan pecah-pecah. Bagi wanita pencinta Lips stick, lupakan Gincu anda sejenak. Pakai Lips Gloss, akan membuat bibir anda lebih segar alami dan nggak “Menor”.

6. Bersihkan telinga.
Banyakdari kita suka lupa membersihkan telinga, padahal tanpa sengaja bisa saja kotoran telinga terlihat dari luar.

7. Wajah.
Usahakan jangan sampai terlihat wajah anda mengkilat akibat minyak wajah yang berlebihan. Pakai sedikit bedak tipis (termasuk pria), ini akan sedikit membantu mengatasi wajah berminyak. Bagi wanita, jangan dandan terlalu “Menor”. Anda bukan di interview untuk jadi pemain ketoprak atau ludruk.

8. Kuku sebaiknya dipotong dan bersih.
Bagi wanita sebaiknya tidak pakai kuteks atau pewarna kuku. Nggak perlu pedikur menikur, yang penting kuku anda pendek dan bersih.

9. Bau badan.
Banyak orang nggak sadar atas bau badannya. Mungkin hidungnya sudah kebal karena setiap hari nyium bau badan sendiri, tapi tidak bagi orang disebelah anda. Pakailah Obat anti bau badan. Sedikt parfum atau deodorant dengan aroma yang lembut (aroma therapy adalah pilihan yang baik), Karena itu membuat orang lain “betah” berada di dekat anda.

10. Pakaian.
Pakailah pakaian yang sopan, rapi, bersih, dan pantas. Tidak harus baru, tapi jangan pakai baju yang kemarin sudah anda pakai. Celana jeans, baju batik, kemeja bermotif, atau berlengan pendek, bukan pilihan yang pantas untuk dipakai interview. Sebaiknya pakai kemeja lengan panjang, warna terang (umumnya sih putih),dan polos tidak bermotif. Celana sebaiknya pakai yang bahan kain dan pantas, bukan kain tapi kotak-kotak, atau kain tapi warna merah muda, Norak tau !! Pakai dasi bukanlah suatu kewajiban, tapi menjadi nilai tambah, kecuali memang di haruskan. Tetapi juga harus disesuaikan dengan Lamaran pekerjaan anda.

Ciptakan kesan pertama dalam penampilan anda.
Karena itu mempunyai andil didalam penilaian interview.
Good Luck.
There was an error in this gadget

NEW SUMMARY

JOB IS FIRST

Custom Search